Tuesday, November 6, 2007

Review Sunblind 'Mom's Birthday' single oleh Hit Me!#7...


Sunblind 'Mom's Birthday' promo-CD (self-released, 2007)
Salah satu band (di antara yang banyak itu) dari Dede (editor Wasted Rockers). Mengeluarkan promo-CD mereka di tahun 2007, sebagai pemanasan (sebelum mengeluarkan EP ataupun LP di waktu yang tidak akan lama lagi) setelah sebelumnya sempat merilis EP dan juga single-single di beberapa buah album kompilasi.

Band yang sekarang hanya memiliki satu personil asli yakni Dede (vocals & gitar), dan untuk rilisan ini dibantu oleh Galant (bass), Joe (lead guitar), dan Dipo (drums), mulai bergeliat kembali dengan merilis promo-CD yang berisikan empat buah lagu yaitu "Mom's Birthday" (Klepto Opera cover), "Iron Man" (Black Sabbath cover), "Gadis Klasik" & "Mom's Birthday" (instrumental version).

Di lagu "Mom's Birthday" (yang juga title dari promo-CD ini), terdengar dominasi over-driven guitar bertonal tinggi, riff yang penuh dan gita kedua yang membangun nuansa di atasnya, permainan drum yang cenderung up-side-down tempo, ditingkahi suara vokal Dede yang merintih di seluruh bagian lagu, dengan blast backing vocals, serta a lilttle bit scream, membuat satu lagu yang cenderung curve secara emosional. Tapi jujur saya lebih menyukai yang versi instrumental, karena yang terdengar di full version seperti terpisah 'jiwanya'. Vokal dengan musik (yang ternyata memang keduanya direkam secara terpisah), selain ganjalan dari faktor produksi ada juga ganjalan lain yakni suara gitar yang terdengar tidak interonnected secara utuh (hampir di semua lagu) sehingga yang terdengar adalah penumpukan 'tugas' dan tidak saling mengisi. Di lagu "Iron Man" dan "Gadis Klasik" memperlihatkan kejahilan mereka dengan mencampur-adukkan semua elemen musik (utamanya free-improve) ke dalam aransemen instrumental.

Secara keseluruhan promo-CD ini sangat daring, mengingatkan akan masa-masa keemasan Mission of Burma dan (late) Fugazi. Mungkin dengan rilisan ini akan dapat memberi secercah harapan atas eksistensi musik indie-rock dan free-improve di negeri ini, who knows?

Untuk kalian yang ingin mendapatkan promo-CD ini atau ingin mem-booking Sunblind untuk bermain di gig yang kamu organize, silahkan saja hubungi mereka! - Adit

Phones: (021) 7300036 / Dede & 0817 657 2004 / Dede
E-mail : wastedrockers@yahoo.co.uk
URL : www.sunblind.cjb.net atau http://wastedrockers.50megs.com

No comments: